Today's Status

"Siap-siap libur panjang lebaran!"

September 21, 2009

Play time is over…!

Yup, yang gua maksud adalah zaman bermain. Waktu kita TK, SD, SMP, SMA, Kuliah kita bisa menghabiskan waktu kita untuk bermain-main. Lebih dari 20 tahun kita habiskan untuk bermain dan mencari kesenangan.

Namun ketika kita dihadapakan pada realita; bahwa usia kita sudah beranjak dewasa, jenjang pendidikan kita sudah hampir selesai, pergaulan kita yang semakin luas, keinginan untuk hidup mandiri dan menghasilkan duit sendiri. Saat itulah kita merasa bahwa waktu bermain sudah usai. Waktu kita untuk jalan-jalan bareng temen-temen, seru-seruan di tempat-tempat yang kita inginkan, semuanya sudah selesai. Kini berganti dengan waktu untuk mencari kerja dan menghasilkan uang. Make our own money!

Bagi mereka yang sudah berpikir panjang dan melakukan persiapan jauh-jauh hari. Maka saat ini adalah saat yang menyenangkan. Bagaikan petualangan baru di lingkungan kerja. Segala persiapan dan kebutuhan telah mereka penuhi dan sekarang mereka siap untuk memulai lembaran baru. Dunia Kerja. Rasa gugup, bersemangat, dan berapi-api dalam mencari kerjaan.

Bagi mereka yang hanya menghabiskan waktu mereka untuk terus bermain. Jalan-jalan kesana-kesini tanpa ada sesuatu yang berarti, saat ini mungkin bisa menjadi saat-saat yang menakutkan dan berujung pada penyesalan. Menakutkan karena tidak ada yang mereka persiapkan untuk menghadapi tantangan dunia kerja. Berujung pada penyesalan, ketika pada akhirnya mereka menyesali segala yang telah mereka lewati dengan sia-sia.
"Gila kemaren-kemaren gua cuma main-main aja. Sekarang baru kerasa sekarang”
Mungkin itulah yang akan mereka ucapkan. Rasa penyesalan dan ketidatahuan yang berujung pada titel yang akhirnya tersampir dipundak mereka; Pengangguran.

Gua sih dari Kecil sampai Tamat SMA sudah menghabiskan dan memuaskan waktu untuk bermain. Namun saat memasuki jenjang kuliah, saatnya untuk menentukan langkah dan strategi. Secara perlahan tapi pasti mencari peluang dan menciptakan kreasi sendiri. Mencari jalan-jalan alternatif yang pada akhirnya mengantarkan kita pada posisi puncak. Karena gua tahu bahwa pada akhirnya semuanya berada ditangan gua sendiri. Ketika masa-masa kuliah berakhir dengan Toga dan Sertifikat kelulusan, maka pada saat itulah tembakan kompetisi pencarian kerja dimulai. Ketika gelar Sarjana kita dapatkan, pada saat itu pula perjuangan untuk sebuah posisi mulai diperebutkan.

Namun bagi mereka yang pintar, bagi mereka yang telah menyiapkan strategi jauh-jauh hari, hal itu akan menjadi sangat mudah karena kita telah mengetahui jalan-jalan yang harus kita tempuh.

Play time is over! Benar, waktu bermain sudah berakhir. Sudah saatnya kita meninggalkan dunia bermain kita dan menyeriuskan diri dalam upaya mencari nilai diri! Hentikan sementara semua kegiatan tak berguna dan semua kegiatan yang tidak memberikan nilai kredit untuk diri kita sendiri. Waktunya bekerja, waktunya mencari kehidupan. Bagi kalian yang masih terus bermain ketika waktu kalian mulai mendekati kata akhir, sebaiknya hentikan semua itu dan mulailah melangkah kesesuatu yang lebih serius. Menyusun tapak-tapak masa depan dan mencari berbagai hal yang pada akhirnya memberi keuntungan pada kalian.

Karena ketika semua itu sudah kita dapatkan. Ketika segala hal yang harus kita dapatkan, kita dapatkan. Pada saat itulah kita bisa kembali mendapatkan waktu bermain kita. Dan yang lebih hebat lagi, kita bisa bermain sambil bekerja.

Related Posts

There are no comments on post : Play time is over…!

Post a Comment