March 28, 2010

Waktunya PKL


Picture from : kaskus.us

Maafkan diriku teman-teman yang telah lama meninggalkan kalian. Jadi begini loh, belakangan ini gua sudah mulai disibukan dengan pekerjaan gua sebagai mahasiswa yang magang. Heran ya, udah sibuk jadi artis masih sempet aja nyelip pekerjaan magang. Tapi tidak apa-apa, ini demi kuliah. biar gua bisa cepet lulus dan enyah dari kehidupan kampus yang sama sekali tidak memberikan kenyamanan bagi gua.

Dua minggu yang lalu temen gua nelpon dan mengatakan bahwa ada terima lowongan kerja di salah satu stasiun tv swasta di daerah Jakarta Barat. Temen gua itu meyakinkan bahwa gua PASTI diterima untuk kerja magang disana, maka datanglah gua keesokan harinya di stasiun tv itu. Perjalanannya jauh gila, bayangkan aja dari Bekasi Timur ke Kebon Jeruk, lumayan jauh kan. Untungnya transportasi dari dan menuju kesana semuanya adalah Bus AC, jadi sedikit ternyamankan gua. Dan satu lagi, ongkosnya lebih murah Rp. 1.500,- dari Patas AC pada umumnya. Bekasi-Kebon Jeruk cuma 5000 ajah! Udah murah, jarang penuh dan nyaman banget lagi. Pewe mulu deh gua kalo naik bus itu.

Gua tiba di tempat itu setelah 1,5 jam perjalanan. Busnya emang cepat, namun yang bikin lelet adalah pergerakannya yang sangat lelet ketika sebelum masuk tol. Karena mengambil penumpang dulu. Ngetem sih enggak, busnya tetep jalan. Namun jalannnya lelet gilak, siput abis!
Disana temen gua sudah menunggu dan dia bilang, ada orang yang nantinya akan memberikan pengarahan sebelum gua mulai bekerja. Dan setelah orang itu tiba dan memberikan pengarahan dimulailah gua bekerja sebagai PEKERJA PARUH WAKTU, bukannya magang apalagi PKL. Padahal itu yang gua harapkan, hehehe...

Pekerjan gua selama 2 minggu kurang menjadi part timer adalah meng-SMS terus menerus, lalu beralih mengisi poling via website. Jadi gua diberikan 1 dus kartu perdana isi seratus kartu. Lalu gua harus sms 6 kali dari setiap kartu. Selesai 6 sms, kartu dikeluarkan dan ganti kartu perdana baru lainnya. Begitu seterusnya sampai 100 kartu perdana itu habis--atau sampai gua berniat muntah. Melelahkan, membosankan dan pastinya... memuakan! Kalian nggak tau rasanya melakukan pekerjaan itu dari pagi sampai sore menjelang pulang.

Pernah dua kali kita disuruh lembur, pada awalnya sih gua sama temen-temen agak setengah bete dan khawatir juga. Kalo lembur sampai jam 11 malem gimana caranya kita bisa kembali ke habitat masing-masing. Jam segitukan kan kendaraan umum udah pada bobo. Namun ternyata tidak, manajer kita tampaknya SANGAT bertanggung jawab sekali. Kita masing-masing pulang diantar pake mobil kantor sampai kedepan rumah masing-masing. Begitu keluar kantor ada beberapa mobil dengan tujuan berbeda-beda yang siap mengantar kita gratis. Gua sebagai orang Indonesia sejati, tentunya merasa terbahagiakan dengan GRATISAN ini. Tidak hanya itu, kita juga dikasih makan malam berupa paket hoka-hoka bento. Walaupun begitu tetep aja ujung-ujungnya kita setengah hati kerjanya, soalnnya udah keburu males. Bayangin aja dari jam 9 pagi sampai jam 11 malem kerja. Cape Gilaaaaak...


Setelah misi dalam pekerjaan kita selesai. Tibalah saatnya masa pengumuman soal PKL. Karena sebagaian besar yang ikut part time disini adalah mahasiswa yang sebenarnya bekerja bukan untuk upahnya (yang cuma 15.000 perhari. Males banget.) Namun lebih ke prioritas untuk PKL setelah itu. Karena kita pernah bekerja disini, maka kita diprioritaskan untuk bisa PKL disini. Dan Gaji tetep kita terima dong...

Awalnya manajer kita bilang ada interview di bagian Promo On Air dan gua termasuk salah satu dari orang yang akan di interview. Pas di interview... eeeewh, orang yang ngewawancara gua malesin banget. Udah nyolot, gendut... belagu pulak. Bikin EMOSI JIWA! Gua dibilang setres gara-gara terlalu serius mencerna informasi-informasi soal pekerjaannya yang sepertinya tidak memberikan kenyamanan bagi gua sebagai mahasiswa yang magang. Nantinya, katanya, gua akan bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore, dan itu bisa berubah sampai jam 2 pagi jika mereka lagi sibuk banget. Dan ketika pulang jam 2 pagi, maka kita pulang sendiri-sendiri. Nggak ada yang namanya dianter pake mobil kantor. Wueeeks! Dan bisa juga sabtu dan minggu gua harus masuk juga jika dibutuhkan. Lama waktu PKL adalah 2 bulan. Karena alasannya satu bulan saja nggak cukup untuk menyerap ilmu. Cuiih! gua mah PKL bukan buat lama-lama nyerap ilmu, yang penting dapet nilai dan PKL gua SELESAI Gua hanya membutuhkan 1 Bulan PKL saja, dan itu sudah sangat cukup!

Akhirnya si pewawancara yang gendut nyolot itu mengatakan bahwa nanti gua akan dikabari lagi apakah diterima atau tidak. Gua sih berharapnnya enggak.

Dan here i am. Duduk didepan laptop pada hari minggu yang sejuk dan mendung. Menulis postingan terbaru tanpa kepastian besok senin gua akan magang dibagian mana. Gua harus pergi ke stasiun TV itu lagi besok untuk memastikan atau mendapatkan lahan PKL. Gila aja kalo sampe gua nggak dapet tempat untuk PKL. Secara mata kuliah PKL udah 2x gua ambil! Merasa rugi aja kalo sampe harus 3 kali ngambil mata kuliahnnya.

Btw, pas satu hari kita diberi kebebasan sama manajer kita karena di stasiun TV itu sedang diadakan acara ulang tahun dari sebuah program musik yang mengundang 501 artis dan masuk rekor muri sebagai acara musik terlama, Maka kita bebas kemana-mana. Masuk dari stage 1 ke stage lainnya. Berasa keren aja karena punya ID card karyawan kita bisa bebas masuk kemana aja, nggak kaya penonton-penonton yang lainnya yang kadang suka dicegat oleh security dang nggak bisa sembarangan masuk tempat. Hihihih... Disana gua melihat taburan artis-artis... dari yang tidak di kenal sampai yang terlalu dikenal. gilaaaa banyak bener artis yang magung, lewat sana-sini dan lainnya sebagainya. Ampe kenyang artis gua. Wuakakakak...


Okay, have to go. See ya!

xoxo Ellious Grinsant

Related Posts

There are 9 comments on post : Waktunya PKL

Seiri Hanako said... (Reply)

selamat PKL..

yang rajin ya..

hehehehe

Seiri Hanako said... (Reply)

ternyata pertamaxx

foto2nya dong biar seru..

Ellious Grinsant said... (Reply)

Foto-foto? wuakakaka... lupa foto-foto kemarin. hahaha... btw, makasih atas ucapan selamatnya. hehehe...

exort said... (Reply)

elo ga ditawarin ngisi panggungnya?

Sang Cerpenis bercerita said... (Reply)

kenyang artis jadi gak usah makan dong. hehee

Clara said... (Reply)

widih, lu udah melangkahi gua el, gua aja belum kerja >_<

Ellious Grinsant said... (Reply)

Exort - Emmm, pengen sih. Cuma karena gagal di negosisasi honor. Jadinya nggak jadi deh, mau bagaimana lagi. wuakakaka...

Mbak Fanny - Iya, artis kan bikin kenyang. wuakakak..

Clara - Wuakakakak... belum kerja kok. Baru PKL aja.

AdityaBlogsphere2 said... (Reply)

aq dah follow blog nya ntar jangan lupa follow balik yah sob...makasih....sukses buat PKL nya

U-marr said... (Reply)

wah PKL nya seeru, iya dong sob sekalian sama fotonya, saya pengen tau.

Post a Comment