Today's Status

"Menunggu film Alien Covenant. Tayang mulai hari rabu ini. Wohoooo!"

March 21, 2011

Curhat Pagi Hari...


Jadi gini loh, lagi gak ada kerjaan... jadinya curhat aja deh soal suka duka dan kelu-kesah, geli basah dalam dunia perblogan, khususnya dalam aspek blogwalking.
Sebagai mana yang telah kita tahu dan seperti yang telah digariskan Tuhan kepada mahluk-mahlukNya bahwa yang namanya ngeblog itu umumnya gak akan jauh-jauh dari blogwalking. Sebuah kegiatan berkunjung ke blog orang-orang lain.

Gua sih senengnya kalo blogwalking bisa baca banyak cerita menarik atau info-info seru. Dan beneran deh kalo gua blogwalking gua selalu berusaha membaca setiap isi postingan mereka. Mau pendek ataupun panjang semuanya ane babat. Kecuali kalo yang udah panjang banget tapi isinya kayanya sama aja dari awal sampe akhir hayat, ya terpaksa deh ane skip-skip gitu bacanya, hehehe... abis kalo dari awal sampe akhirnya isinya sama aja cuma diubah2 dikit-dikit doang apa gunanya, hehehehe... Tapi beneran, gua selalu membaca setiap postingan mereka. Suwer deh...

Aaaaannnnnddd... yang paling penting adalah gua selalu meninggalkan komentar setelah membaca postingan mereka. Biar mereka tahu kalo gua abis dari sana dan gak cuma mampir doang.
Sementara kalo berkunjung ke blog orang untuk pertama kali ya pastinya selain nulis di komentar, gua juga nulis di chatbox atau buku tamu mereka biar mereka ngeh kalo gua baru pertama kali kesini.

Naaaah sekarang hal-hal yang bikin males dari kegiatan per-blogwalking-an. Ada beberapa hal yang bikin gua males atau agak malesin kalo jalan-jalan ke blog orang. Dan yang malesin tersebut dituang kedalam beberapa butir berikut:

1. Kalo ke blog orang yang loading blognya berat
Bikin malesnya kenapa? Karena jadinya kita harus nunggu beberapa lama sampai tuh blog sukses loading dengan sempurna, atau setidaknya sampai bisa terbaca dan diakses. Kalo udah gitu mau stop ditengah jalan ge gak apa-apa. Untuk kalian yang blognya berat, gua sarankan buanglah gadget-gadget yang tidak berguna yang cuma bikin blog kerameen dan lelet dan malah jadi gak enak dipandang karena keramean.

2. Kalo ke blog orang yang isinya penuh dengan tulisan alay
Beuuuuuh, ini lebih malesin lagi. Tulisan yang gak bisa dibaca padahal DIKETIK PAKE KEYBOARD! Ini yang luar binasa! Karena pada hakekatnya tulisan yan diketik pake keyboard seharusnya dapat dibaca dengan mudah karena huruf-hurufnya sudah ditentukan style maupun bentuknya. Seperti Times New Roman atau Arial atau Comic San MS atau Calibri, itu adalah jenis huruf yang kalo dipake untuk menulis normal nantinya jika dibaca tulisannya jadi enak dan mudah untuk dibaca. Tapi Alay memiliki kemampuan tersendiri dalam membuat tulisan ketikan komputer menjadi tulisan yang sulit untuk dibaca, malah bagi beberapa yang awam tulisan mereka malah jadi misteri dan penuh teka-teki karena pembaca malah jadi sibuk menterjemahkan dan mentranskripkan tulisan mereka kedalam bahasa peradaban manusia Homo Sapiens abad 21. Saran utuk blogger alay, tolong ya, biar deh dirimu dan gayamu saja yang alay, tapi jangan terapkan alaymu dalam tulisan blogmu, kasian kamunya. Pembaca yang ada bukannya baca tapi malah pusing, atau gak jadi baca atau malah ngatain tulisanmu, hihihihi.... No hard feeling ya :D

3. Kalo ke blog yang ribet untuk submit komentarnya
Naaah ini malesin juga karena bikin repot pembaca baik hati yang pengen komentar. Contohnya nulis komen lalu pas di-submit komennya belum langsung masuk, tapi kita disuruh masukin verification word supaya komennya bisa masuk, BELUM lagi kalo pas udah dimasukin verification word-nya ternyata komentar kita nunggu dimoderasi dulu sama yang punya blog baru bisa muncul. BELUM LAGI kalo ternyata kolom komentarnya tidak menyatu dibawah postingannya tetapi muncul di jendela baru. Haduuuuuuh, bener-bener melesin banget kalo ketemu blog yang untuk komentarnya mengandung semua aspek diatas. Soalnya kenafa? Jadinya Ribet! kita harus melewati beberapa kali proses cuma untuk komen doang. kasian buat yang koneksi internetnya lelet harus nunggu lagi dan nunggu lagi cuma untuk komen doang. Saran gua adalah, jika pengen pake verification word/chapcha, maka sebaiknya komentar yang masuk tidak perlu dimoderasi lagi karena fitur verification word sudah 85% menyaring komentar spamming. Menurut gua looooh. Sementara kalo pengen pake moderasi komentar ya gak usah pake verification word, ya wong nanti kitanya yang akan menyaring mana komentar spamming mana yang tidak. Jangan dua-duanya dipasang, yang ada malah bikin sebel blogwalker. Terus kalo bisa kolom komentar nyambung aja dibawah postingannya biar pembaca gak perlu klik dan loading lagi untuk buka jendela baru atau mungkin halaman baru. Kasian buat mereka yang internetan dengan koneksi pas-pasan. Udah lelet nunggu loading, ribet pula. Cape deeeeeeh.... :p

4. Blogwalker yang dateng ke blog cuma buat nulis di chat box
Naaaah ini nih yang paling malesin lagi, yang namanya blogwalking itu adalah "Kegiatan berkunjung ke blog orang dan meninggalkan komentar relevan di blog tersebut." (Prof. Ellious Grinsant. S.Si, M.Si, dikutip dari buku Mari Ngeblog Seru Bareng Ellious Keren: 26) Nah kalo berkunjung ke blog orang cuma untuk nulis di chatbox doang mah APA GUNANYA? Menurut Prof. Ellious Grinsant, S.Si, M.Si, bahwa sebuah blog yang dibutuhkan selain pembaca adalah komentar, semakin banyak komentar dari sebuah postingan menunjukan seberapa berhasil seseorang dalam membuat sebuah blog. Apalagi kalo yang berkunjung terus nulis di chat boxnya: Mampir kesini, was here, abis blogwaking disini, blogwalking, tanpa meninggalkan komentar, aduuuuh malesin banget deh kalo gitu. Saran gua ya, sebagai seorang blogwalker profesional, kalo berkunjung ke blog orang ya selain baca isinya maka kasih komentar juga laaaah. Biar yang punya blog seneng dan merasa tulisannya diapresiasikan. Jangan cuma nulis di chatbox aja, adeuuuuuh, gak penting banget deh lo!

5. Udah blognya dikunjungi tapi tuh orang gak pernah berkunjung ke blog kita
Ini mah biang dari segala biang yang bikin gua males blogwalking. Gua udah beberapa kali main ke blognya, terus bacain postingannya, terus kasih komentar pada tiap postingnya, eeeeeeeeehhhh, dianya gak pernah maen kesini. Hiiiih, malesin banget sama orang kaya gitu. Biasanya ya, ini berlaku buat blogger yang udah jadi seleb blog atau yang udah merasa jadi seleb blog. Jadi rasanya gak perlu deh blogwalking, toh yang mampir ke blog gua udah banyak. Mending kalo yang punya blog emang seleb blog sejati atau bahkan emang dia selebritis beneran. Kalo gitu sih mendingan, gua emang gak perlu berharap dia berkunjung balik ke blog gua. Gua tau diri lah. Lah ini, blognya biasa aja, isi postingan kebanyakan gak penting, bahasa yang pengengnya ngelucu tapi malah jadi kentang atau bahkan aneh atau mungkin garing kriyuk-kriyuk, tapi malah sok penting. Gua udah beberapa kali maen ke blognya terus kasih komen, eeeeh dianya gak pernah kesini buat nulis komen di blog gua. Malesin banget dah orang kaya gitu, beneran deh! ada tuh contoh beberapa bloggernya, cuma gua gak perlu sebutin merek, gak etis aja menurut gua. Saran gua, kalo emang elu blogwalker sejati kalo ada komen dari teman atau blogger baru yaitu artinya ada orang yang menghargai kamu dan kamu juga harus menghargai mereka dengan berkunjung balik ke blog mereka dan ninggalin komen. Gak perlu deh berkunjung balik tapi cuma nulis di chatbox, gak butuh gua. Gak perlu deh bekunjung ke blog tapi cuma follow doang, gak perlu. Kalo berkungjung ke blog orang terus ninggalin komen dan ngajak tukeran link, baru deh perlu tuh, hahahaha...

Contoh blogwalker yang baik adalah seperti yang dibawah ini: Namanya Immanuel Lubis dengan blognya yang bernama Immanuel's Note. Ini adalah salah satu contoh blogwalker yang baik, kenapa? Karena dia rajin ngeblog, serta rajin blogwalking dan yang paling penting rajin ngasih komen. Padahal kalo gak salah dia ngeblognya tuh di warnet gak kaya gua di rumah.

Blognya ini kebanyakan berisi pengalaman hidupnya yang menyenangkan dan belakangan ini dia sering keluh-kesah dengan skripsinya, adeuuuh-adeuuuuh mas, saya juga lagi skripsi, dan emang bener bikin gak nyaman. Pengennya cepet-cepet kelar sidang skrispi dan lulus, biar legaaaa semuanya. Dahulu kala blognya jelek bener tampilannya, acak-acakan kaya kapal pecah. Tapi sekarang udah bagus dan lebih rapih serta sesuai dengan perbadaban manusia homo sapiens pada umumnya.

Sementara yang punya blog sih kalo diliat-liat dari foto yang dipublish, pastinya sih gak lebih ganteng dari gua dan gak lebih imut dari gua. Cuma orangnya baik, kenapa baik? karena dia rajin mempir ke blog gua dan ngasih komentar, hehehe... serta dia punya sense of humor, terutama kalo bikin postingan yang diselipi gambar-gambar lucu. Pernah tuh dia bikin postingan yang ada gambar dengan maksud dari gambar itu adalah gua, wuakakakkaak, sumpah gua ketawa ngakak pas liat tuh gambar, abis gambarnya menggelikan banget.

Dan dia baru aja bagi-bagi award lhooooo... udah lama juga gua gak dapet award, jadinya seneng aja pas dikasih, hehehehe... Makasih ya mas Nuel. And sorry ya, karena si yang punya tidak menganjurkan untuk mengoper ini serta emang gua pada dasarnya gak suka oper-oper award karena malah bikin tuh award jadi gak berharga dan tidak ada unsur eksklusifitasnya, maka gua gak bagi-bagikan ya awardnya, hehehehe... nih awardnya ada dibawah ini.


Related Posts

There are 43 comments on post : Curhat Pagi Hari...

Freya said... (Reply)

Gw tauk deh pasti gw yang diomongin di nomor 5. Gw sering tauk ngeliat blog elo, tapi gw males komen. Pernah kan gw malah komen blog elo lewat sms? wkwkwkwkwk. Gw sering gituh el, sering ke blog orang-orang, tp kaga komen. Gatauk, el bawaannya males, plus kaga tauk mo ngomong apaan. Sori ya el.

Gaphe said... (Reply)

semoga Nuel nggak gede kepala baca ini. hahaha.. emang bener tuh kalo BW menghadapi masalah kayak Prof Dr Ellious Grinsant dll etc dst itu sebutkan diatas emang bikin sebel..

terutama sih kalo saya ttg loadingnya yang berat..

yeaah, walaupun blog saya juga masuk kategori bikin lemot jaringan sih.

ammie said... (Reply)

hehe... gokil :)

Clara Canceriana said... (Reply)

ooo intinya dapet award juga toh bang?
hakakakak~~

Bagaskara Putra said... (Reply)

Yang nomer 2 dan 5 itu paling nyebelin XD

Aina said... (Reply)

hhaahaha,,,ternyata derita blogger dimana-mana sama aja ya....
jiah, ni blog juga kasi moderasi ternyata...hahahaa

exort said... (Reply)

alesan 1,2 dan 3 gw setuju banget tuh
paling males kl ke blog yg ky gitu

Annisa said... (Reply)

alhamdulillah blog saya gak kaya 1-3 hehehe

Noeel-Loebis said... (Reply)

sama gw juga rada benci sama yang ke5. biasanya tuh blogger-blogger kayak gitu emang ngeselin...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Freya

Makannya rajin-rajin lah komen biar dapet berkat dari Tuhan dan gua, wuakakakakak...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Gaphe

Hahahah, blog mas Gaphe termasuk yang ringan tau mas, loadingnya cepet...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ ammie

Laah kok gokil? hahahaaa...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Clara Canceriana

Hehehe, kalo award mah sekalian, wuakakakakak...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Bagaskara Putra

Sama, setuju juga... hehehe :p

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Aina

Pake Moderasi tapi gak pake Verification Word kan, dan kolom komentar juga nyambung di bawah postingan jadi gak perlu buka jendela baru, hehehe...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ exort

Setuju-setuju-setuju... hehehe...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Annisa

Amieeeen... syukurlah kalau begitu, hehehe...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Noeel-Loebis

Bener bangeeeet....!!! :D

sarah azahra said... (Reply)

Kalau sarah belum mengerti benar tentang blog apa manfaat dan makna melakukan kegiatan blogwalking.
Jika di kunjungi pastinya mengharapkan diskusi dan interaksi, untuk membuka pikiran dan saling berkomentar.

Untuk hak dan kunjungan itu semua tergantung masing2 individu.

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ sarah azahra

Iya sih, tapi pada kenyataannya, kebanyakan saling berkunjung dan kasih komentar untuk meningkatkan page rank mereka, serta supaya blog mereka diapresiasi oleh berbagai orang. Untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran dalam kolom komentar, itu adalah nilai bonusnya... : )

Sang Cerpenis bercerita said... (Reply)

kalo aku suka tinggalin koment di chat box utk blog yg gak update2. hehee.makanya maaf aja deh buat yg punya chat box and jarang update. jadi bingung mau koment apa lagi. ya udah,koment di chat box nya deh.

Sang Cerpenis bercerita said... (Reply)

dan, tentu saja sebel sama blog yg sudah ada verifikasi kata, komentnya dimoderasi pula. duuh.kalo bukan blogger yg rajin mampir ke tempat aku, pasti udah malas deh balik kunjungin dia. untungnya, tuh blogger temen yg setia berkunjung ke blogku.

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Sang Cerpenis bercerita

Setuju sama Mbak Fanny.

Itik Bali said... (Reply)

Prof..meskipun aku termasuk seleb papan atas sekali, tapi aku tetep down to earth (nyungsep ke tanah)
dan percayalah aku tetep aku berkunjung ke tempat fansku...he..he

TUKANG CoLoNG said... (Reply)

aku termasuk yang mana nih..? :))

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Itik Bali

Waduh, ini bahaya... Fans mengaku idola... untung saja saya Idola yang baik hati, jadi mau memaafkan dirimu fans ku, hahaha...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ TUKANG CoLoNG


Hahahaha... semoga mas tidak masuk dalam 5 kategori diatas ya, hehehe...

Rose said... (Reply)

emang sayang banget klo kita udah baca postingan terus mau ngasih commentnya susah sangat,,,hehe..bagus sih ada moderasinya tapi memperlambat juga prof ,,,

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Rose

Memperlambat apaan mbak e...

moviegasm said... (Reply)

Halo El! hihihi tersentil baca postingan kamu deh, gue termasuk yg rajin baca blog lo (dan mentertawakan hal2 yg lo alami) tapi jarang komen, maaf yaaaa....anyway. dpt salam dr temenku juga, katanya dia blog lo lucu dan enak dibaca :D

Bung Iwan said... (Reply)

award lagiiii....
eh btw aku juga baik kan? hahahaha.. muji muji sendiri.
tapi aku setuju dengan semua poin di atas. salaman yukkk....

chici said... (Reply)

Huuuaaa Grinsant...
Aku masuk kategori yang mana tuh...?
*buat bahan introspeksi

Btw selamat buat awardnyaaaa (>o<)/

Curly_t@uRus said... (Reply)

pengamat para blogger

hehehehhee

gimana skripsimu, udah sampai mana? hebat kayaknya analisanya
masalahnya analisa para blogger dah jago banget tuh,,,

hehehehe

SHUDAI AJLANI (dot) COM said... (Reply)

kalo blog gue termasuk point keberapa ya bro?

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ moviegasm

Hahahah, terima kasih banyak sudah sering mampir kesini, heu heu heu...
coba lain kali ninggalin komen jeung, biar ane bisa visit back, heu heu heu...
and, salam balik ya buat temanmu, senang blog gua bisa membuat orang terhibur... :D

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ chici

Hahahah, belum masuk ketegori mbak untuk blog saya, kan mbak masih new comer, hehehe...

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Curly_t@uRus

Hahaha, skripsi saya? waduuuuuh, ngajuin judul aja belum wuakakakak... ngeri dah.

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ SHUDAI AJLANI (dot) COM

Hahahah, belum masuk mas, kan masih new comer... maaf ya baru bisa reply, soalnya sibuk baru bisa buka blog sekarang...

Vigar said... (Reply)

kakakkaa,,, seru juga ternyata isi blog lo...
jujur aja tadinya dari postingan terakhir sampe 1 postingan sebelum ini gw cuman sampe tahap 'menikmati'... *menikmati blog lo maksud gw, berhubung gw bukan maho... =))

tapi setelah baca blog ini, gw seperti tertohok buat ngisi komen.... hahaha simple idea tapi kemasannya simple juga sih, tapi enak dibaca...

bakal betah kayaknya gw blogwalking terus ke blog lo.. *gw bookmark dulu deh blog lo. =))

Syahrana said... (Reply)

Sabar ya gan…Baru tahu saya tentang penderitaan blogger kalau nggak dikasih komen. Saya juga pernah buat blog, tapi nggak terurus udah sekian waktu_g tau mau nulis apa. Tampilannya sederhana, kalau tidak mau dibilang jelek. Awalnya, tujuan membuat blog hanya untuk mengasah kemampuan menulis, persiapan menulis skripsi (padahal dari awal semester sampai detik terakhir menuju kelulusan terus-terusan bikin laporan, mo laporan praktikum, laporan pertanggung jawaban, laporan PKL, laporan keuangan, laporan ke Bapakku kalau uangku habis dan hampir semua jenis laporan insyaAllah pernah saya buat). Eh, maaf saya curcol ya..Kalau menurut pandangan saya, biar dikau tidak menderita Ell, tambahkan saja niat buat blogmu. Tidak perlu diganti, cukup ditambah. Kalau awalanya kau berniat untuk mendapat apresiasi dari pembaca blog, tambahkan lagi niat lain yaitu membawa kebahagiaan pada pembaca walaupun mereka tidak menuliskannya di blogmu. Tulisanmu sangat segar walaupun ada beberapa sarkasme, tapi saya senang sempat membaca tulisan yang indah ini.Haaaaaa.... :)
OK, salam sukses

Ellious Grinsant said... (Reply)

@ Syahrana

hai, ayo coba untuk jangan pake annonym untuk komentar disini walaupun kamu pake nama kamu, karena saya jadi gak bisa komen balik atau mengetahui identitas kamu, ini pertama dan terakhir ya, hehehe...

jasa ekspedisi said... (Reply)

mampir nich dari jaksel

putri pratiwi said... (Reply)

tapi emang bener kok,, punya blog tapi belum ada satupun yang komen itu sakitnya disini #nunjuk-nunjuk kolom komentaar blog sendiri..jiaahahhah,,maklum nih pendatang baru.........makasih yaaa,,,berguna banget nih artikelnya...

Post a Comment