Today's Status

"Siap-siap libur panjang lebaran!"

January 17, 2017

Movie Review - Patriots Day

img:slashfilm.com
Sebenarnya waktu mau nonton film ini, gua gak tahu bahwa film ini ternyata diangkat dari kisah nyata tragedi bom di Boston. Baru ketika mulai memasuki adegan dengan setting jalanan tempat akan diselenggarakannya acara maraton, baru gua sadar bahwa film ini diangkat dari tragedi memilukan itu.

Berkisah mengenai orang-orang yang secara tidak langsung berkaitan dalam tragedi bom pada acara lari maraton di Boston. Ada Tommy Saunders (Mark Walhberg) yang merupakan seorang sersan yang berada di lokasi kejadian ketika bom meledak. Lalu ada Ed Davis (John Goodman) yang bersumpah ingin sesegera mungkin menemukan pelaku dari pengeboman ini, ada Sersan Jeffrey Pugliese (J.K. Simmons) yang menjadi salah satu orang penting pada saat penangkapan salah satu pelaku bom yang diwarnai dengan adegan tembak-tembakan yang membabi-buta, serta beberapa tokoh lain yang secara tidak langsung berkaitan dengan peristiwa ini. Kronologis film ini dimulai dari persiapan acara maraton dan berakhir ketika para pelaku pengeboman tertangkap.

Peter Berg sebagai sang sutradara sepertinya berhasil menvisualisasi ulang peristiwa bom Boston ini ke dalam sebuah film dengan durasi 130 menit. Sepanjang film kita akan disuguhkan dengan adegan-adegan yang intens, berkat editing filmnya yang terbilang oke. Walaupun pada satu adegan anda mungkin akan menyadari bahwa film ini terasa lama, namun itu tidak menurunkan nilai baik dari film ini.

Adegan meledaknya bom dibuat serealistis mungkin hingga melibatkan gambar-gambar dari CCTV dan gaya handheld dan goyangan2 ala video amatis, sehingga membuat atmosfir kekacauan dari ledakan bom film ini benar-benar terasa. Adegan ledakan terasa mendadak dan tidak terduga, seperti yang memang terjadi sebenarnya. Tidak hanya itu adegan tembak-tembakan pada saat penampakan sang teroris di jalan perumahan padat penduduk juga terasa seru dan intens, gua kerap beberapa kali menahan nafas ketika tiap bom dijatuhkan pada adegan ini.

Gua tidak terlalu mempermasalahkan mengenai plot film ini, karena memang sebenarnya tidak ada masalah. Film ini seolah mencoba merekonstruksi kembali peristiwa bom Boston ini dari awal hingga akhir, dengan mengedepankan aspek-aspek perilaku setiap orang dalam menangani dan mengalami kejadian ini. Mulai dari polisi yang sibuk di lokasi kejadian, para dokter rumah sakit yang kewalahan dengan berdatangan para pasien, tim FBI yang sibuk memecahkan kasus, hingga adegan penangkapan para pelaku.

Satu mungkin hal yang gua kurang suka dari film ini. Yaitu akting Mark Wahlberg yang terlihat tidak sungguh-sungguh dalam film ini, dan di film-film drama lainnya. Entah kenapa gua gak merasakan simpati pada karakter Tommy Saunders ini, apalagi sikapnya yang tempramental membuat sulit bagi gua untuk bersimpati pada karakter ini.


Score : 7,5 / 10




regards,

Related Posts

There are no comments on post : Movie Review - Patriots Day

Post a Comment